Sunday, May 2, 2010

Mobil MINI nan canggih buatan AS!!

Soal teknologi mobil, Amerika boleh dibilang paling depan dengan agresivitas dari GM dan Ford. Ternyata, diam-diam negeri Paman Sam ini sudah menyiapkan kendaraan listrik bikinan ZAP. Diumumkan, proyek mereka yang dinamai Alias itu sudah ditampilan dalam kompetisi Progressive Insurance Automotive X Prizer (PIAXP), 29 April lalu.

Dalam lomba tersebut, Alias menjalani tes dahsyat yang menguraikan kehebatan dari mesin listrik. Di antaranya, Alias unjuk performa dalam berakselerasi dan juga saat pengisian baterai yang dikatakan bisa lebih cepat dari normalnya.

Menariknya, kendaraan ini menggunakan tiga roda, kebalikannya dari bemo atau bajaj di Indonesia. Ketiga roda dilengkapi dengan power, sehingga saat melakukan akselerasi 0-97 km/jam butuh waktu 7,8 detik. Katanya, kecepatan maksimum bisa mencapai 170 km/jam dengan daya tempuh 162 km.

Mengenai harga, diperkirakan sekitar Rp320 juta (US$35.000). Memang, belum dipastikan kapan mulai diproduksi, seperti dikutip autoevolution, jelang akhir pekan lalu...

No comments:

Post a Comment