Saturday, May 8, 2010

BIncang-bincang bareng "penemu" KASKUS, andrew darwis!!

Rabu (21/10), Tim MuDA dari SMA Saint Nicholas Jakarta beruntung bisa mewawancarai Andrew Darwis di kantornya. Kalau kalian tahu forum Kaskus yang nanti 6 November akan berulang tahun ke-10, pasti enggak asing sama Andrew Darwis.

Dia adalah founder dan Admin forum Kaskus. Mengapa kami mewawancarai pendiri Kaskus? Karena Kaskus merupakan forum terbesar di Indonesia.

Sampai di kantornya, kami dibawa ke ruang rapatnya dan beberapa saat kemudian Andrew Darwis yang akrab disapa Mimin menyambut kami dengan senyumnya. Sosok yang sebelumnya kami bayangkan sebagai ”legenda” itu tampil nyata.

Dari hasil wawancara dengan Andrew Darwis, ternyata di balik suksesnya Kaskus, Mimin sudah mulai ngejalanin Kaskus sejak tahun 1999 bersama kedua temannya di Seattle, AS.

”Awalnya karena kangen Indonesia saat tinggal di Amerika. Di tahun-tahun itu enggak ada website tentang Indonesia, yang ada kebanyakan website berisi berita-berita berat,” tutur Mimin tentang awal pembuatan forum Kaskus.

Forum ini dimulai dari komunitas teman-teman yang jumlahnya 20 orang. Lalu pelan-pelan bertambah sampai kini 1.155.769 member (data Oktober 2009) dan terus berkembang.

Ini membuat Mimin senang sekaligus bersemangat mengurus forum. Dia enggak pernah ngebayangin kalo Kaskus bisa masuk 10 besar website di Indonesia.

Bagi Mimin, kesulitan paling ribet saat mengurus forum ada pada server. Soalnya, server harus beroperasi 24 jam dan tahan dari orang iseng (kracker). Walaupun beberapa kali sempat dilanda masalah, ia teguh menghadapi semua itu.

Kata Mimin, loyalitas yang tinggi dari para member merupakan kekuatan utama Kaskus. Ini yang membedakannya dari website lain.

”Yang penting fokus! Jangan berpikir untuk langsung membuat sesuatu yang besar. Buatlah sesuatu yang unik dan beda dari yang lain. Kita pun mesti punya passion, jangan di tengah jalan terus mundur.” Inilah pesan Mimin untuk MuDAers yang ingin belajar bikin forum atau situs web.

Wow, pesan yang benar-benar sangat inspiratif... Baiklah, gue bakal terapin tuh pesan.... Buat perubahan yang kecil-kecil namun UNIK dan BEDA dari yang lain... Mantap, maju terus bung... :D

No comments:

Post a Comment